Download Gratis ALMETPEDIA Sekarang

5 Cara Merawat Aki Motor Agar Awet dan Tahan Lama

Untuk menyalakan sebuah motor perlu adanya sumber arus searah dari komponen motor yang disebut Accu atau sering disebut Aki. Aki sangat penting digunakan untuk menyalakan motor agar mudah distater.

Oleh sebab itu perawatan yang rutin agar aki motor tetap awet dan terjaga permofanya untuk memudahkan pengguna kendaraan menyalakan motor perlu diperhatikan.

Berikut ada 4 cara merawat aki motor agar tetap awet dan menjaga agar aki motor tersebut lebih tahan lama memudahkan dalam menghidupkan kendaraan roda dua Anda.

cara menjaga aki tersebut tetap perlu rutin untuk dilakukan dan diperiksa secara bekala. Lakukan 4 cara merawat aki motor Anda agar tetap awet hingga 3-4 tahun.
  1. Perhatikan permukaan cairan aki yang harus berada antara garis permukaan atas dan garis permukaan bawah, periksa penggunaannya setiap 2 bulan sekali. Tambahkan air aki apabila air aki tidak berada diantara garis permukaan atas dan bawah.
  2. Hindari memodifikasi aliran listrik aki, Cara pemasangan kabel ke aki yang tidak benar bisa mengakibatkan daya listrik aki cepat habis. Apalagi bila pengisian aki bermasalah.
  3. Utamakan  kick starter daripada starter elektrik, untuk menghidupka mesin motor dahulukan penggunaan kick sarter (engkol). Karena penggunaan kick stater di pagi hari masih cukup efektif untuk menghemat baterai aki.
  4. Terakhir, gunakan motor secara bijak. Atinya perhatikan jarak tempuh penggunaan motor apakah perlu atau tidak penggunaan motor apabila bisa dijangkau dengan jalan kaki atau sepeda.
  5. Sesekali bersihkan bagian aki dengan cara mengurasnya dengan air hangat. Setelah dikuras keringkan aki sebelum diisi air aki, kemudian charger selama 2 jam. Untuk perawatan aki kering tidak perlu repot seperti aki basah yang penting lepas saja kabel negatif pada aki jika motor tidak dinyalakan dalam waktu lama.
perlu dicatat, bahawa penggunaan kick stater sebaiknya digunakan ketika motor dalam jangka panjang tidak hidup kurang lebih 8-12 jam. Sementara jika motor tidak digunakan dalam waktu singkat 5-7 jam, Anda bisa memanfaatkan alektrik starter.

Dengan Pemakaian aki motor secara bijak dalam kehidupan sehari-hari, bisa menjaga agar aki motor Anda tetap awet dan tahan lama