Download Gratis ALMETPEDIA Sekarang

Penegertian MS-DOS

MS-DOS adalah perintah-perintah yang dapat dijalankan di dalam sistem operasi DOS. Dalam operasi DOS terdapat dua jenis perintah yaitu:
  1. Perintah Internal (Internal Comand) yakni perintah-perintah yang telah dimasukkan ke dalam COMMAND COM (Interpreter perintah DOS) sehingga dapat langsung diesekusi oleh karnel DOS dimana saja.
  2. Perintah Eksternal (External Comand) yakni perintah-perintah yang tidak dimasukkan ke dalam COMMAND COM dan membutuhkan sebuah berkas yang dapat diesekusi (Berupa program DOS) yang harus terdapat di dalam direktori aktif.
Berikut adalah perintah-perintah yang terdapat di dalam MS-DOS :
  1. CD atau CHDIR berfungsi untuk mengganti direktori aktif ke direktori lainnya yang ditentukan dalam parameter, maka perintah ini akan menampilkan lokasi dimana direktori aktif berada.
  2. CLS berfungsi untuk membersihkan layar dan menempatkan krusor pada pojok kiri layar, perintah ini tidak memiliki parameter.
  3. COPY berfunsi untuk menyalin satu atau beberapa berkas dari satu lokasi lainnya yang ditentukan. Perintah ini memiliki dua parameter, yakni parameter sumber berkas dan tujuan kemana berkas akan disalin.
  4. DATE berfungsi untuk menampilkan tanggal saat ini. Perintah ini juga dapat menggeser tanggal komputer.
  5. DEL atau ERASE berfungsi untuk menghapus berkas yang ditentukan parameter, parameter dapat berupa nama berkas atau nama berkas yang disusun mengunakan karakter Wild Card.
  6. DIR, jika digunakan tanpa parameter . Perintah ini dapat menampilkan daftar berkas. Berkas dan subdirektori yang terdapat di dalam direktori aktif. Berkas ini memiliki satu parameter yakni lokasi direktori dimana hendak menampilkan daftar isi derektori.
  7. EXIT berfungsi untuk keluar dari Command Prompt.
  8. MKD IR atau MD berfungsi untuk membuat sebuah direktori pada sebuah direktori aktif.
  9. RMD atau RD berfungsi untuk menghapus sebuah direktori kosong akan gagal bila direktori tersebut mengandung berkas ayau subdirektori lainnya. Gunakan perintah Ekternal.
  10. DELTREE berfungsi untuk menghapus total.
  11. REN atau Rename berfungsi untuk megubah nama sebuah atau beberapa berkas (dengan menggunkan karakter Will Card)
  12. TIME berfungsi unuk menampilkan atau menggeser waku saat ini.