Download Gratis ALMETPEDIA Sekarang

Tips dan Trik Memilih Jurusan Kuliah

Dalam menghadapi SBMPTN, setiap siswa dihadapkan pada masalah pemilihan jurusan yang terkadang sering dilematis. Hal ini terjadi karena banyak dari siswa yang tidak tahu bagaimana strategi memilih jurusan. Oleh karena itu, sudah tidak asing lagi, bahwa anak yang pandai tidak lolos SBMPTN. Hal ini bisa diebabkan jurusan yang dipilih memiliki Passing Grade yang sama-sama tinggi. Nah, berikut ini, beberapa tips dan trik memilih jurusan PTN (Perguruan Tinggi Negeri).

1. Menyesuaikan minat, bakat, dan cita-cita
    Memilih jurusan sebaiknya sesuai dengan minat dan bakat kalian. Akan tetapi, tidak sedikit siswa yang memilih jurusan yang kurang tepat. Padahal tidak sesuai dengan bakatnya. Sebagai contoh, siswa yang tidak menyukai hitung-hitungan tetapi masuk jurusan Matematika. Ingat, apapun yang akan kita jalanin harus berawal dari rasa suka.

2. Daya tampung jurusan/peluang diterima
    Daya tampung untuk jurusan-jurusan favorit  biasanya terbatas dan diperebutkan oleh banyak orang. Sebagai contoh, program studi pendidikan dokter. Oleh sebab itu, kalian harus memilih pilihan kedua pada jurusan yang benar-benar sesuai kemampuan.

3. Informasi yang memadai
    Carilah informasi mengenai jurusan yang kalian pilih. Informasi bisa didapatkan dari internet, orang tua, guru, saudara, teman-teman, kakak kelas, mahasiswa yang sudah masuk di jurusan tersebut, dan sebagainya. Salah satu informasi, yaitu mengenai masa depan karier/prospek kerja. Jangan mudah terpengaruh oleh teman.

4. Lokasi dan biaya
    Bagi masyarakat golongan ekonomi menengah kebawah, lokasi dan biaya pendidikan sangat memengaruhi. Ingat, kuliah S1 ditempuh kurang lebih 4 tahun. Dimana kalian akan membutuhkan biaya untuk hidup, pengeluaran yang berhubungan dengan studi, dan lain-lain. Ingat, keterbatasan dana jangan dijadikan sebagai penghambat meraih masa depan. Di kampus banyak sekali tawaran beasiswa pendidikan. Selain itu, banyak kerja freelance yang dapat dilakukan seorang mahasiswa. Selain itu, untuk mengasah kemampuan kita dalam berorganisasi didapatkan dengan mengikuti unit kegiatan mahasiswa di kampus. Hal ini akan menjadi bekal kalian dalam menghadapi dunia kerja kelak.

Mungkin kalian butuh waktu untuk merenung sejenak. Hati dan akal pikiran yang jernih akan dengan mudah menjawab jurusan apa yang akan kalian pilih. Berdoa dan mintalah dukungan dari orang tua, saudara, maupun teman untuk memberika dorongan semangat demi terwujudnya impian kalian. pemilihan jurusan kuliah sangat menentukan masa depan Anda. Semoga tulisan ini dapat mengantarkan kalian lolos ujian SBMPTN, sehingga kalian dapat meraih cita-cita yang diinginkan. SELAMAT BERJUANG.